My 2%

Disclaimer: Post ini hanyalah observasi semata, gak bermaksud mendiskreditkan rasis2 tertentu.

Ceritanya karena kerja di retail, gue mulai ngerti karakteristik orang belanja berdasarkan nationality nya. Ya gak plek keteplek bener sik, tapi 98% selalu bener. 2% nya selalu bikin terkejut dan seneng banget, karena di luar dugaan. berasa dikasih surprise (apaan sik!). Mari dimulai:

Orang local, Australia:

Biasanya jujur bilang mau cari yang paling murah. Selalu berada di dua ujung, tau apa yang di mau (cenderung ke saiko kadang) atau gak tau sama sekali maunya apa. Gak pernah di tengah2. Kalo ada pun, jarang banget. Sangat apresiatif. Dibantuin milih warna sprei terima kasihnya kayak dibantuin ngelahirin anak bayi.

Dari Cina:

Ini mmm.. Gimana ya cara ngomongnya, paling menantang. Sangat. Amat. Menantang. Bahasa Inggris kacau balau. Mau nerangin fitted sheet (sprei yang dipake di kasur) bisa 10menit sendiri. Soal terang2in begini biasanya pake Inggris Tarzan kena nih. Tapi yg paling menantang, karena beda budaya kali ya. Mungkin di Cina minta tolong sambil metik2 jari ke atas, lalu awe2 suruh ketempat dia itu biasa, tapi di Australia, belum cenchu!!! Yang begini2 nih biasanya lgs kena muke judes dan kena sentik2 jari serta awe2 back at you!!

Dari Vietnam:

Nah ini pun menantang tapi beda versi, ini model2 yang udah nyari paling murah, terus nawar, terus kalo dibilang semua harga pas (kalo mau nawar lo belanja ke pasar aja, *dalam hati), ntar lgs tanya, ada diskon lagi gak? Nyeeeeeeeetttt… Menurut loooo.. Dalam hal bikin keputusan juga paling rumit..

Dari Singapore:

Ini model2 paling teliti. Biasanya nanya 103 pertanyaan, (Handuk ini bahannya apa? Absorb gak? Favorit lo yang mana? Gue harus cuci gimana? Lo punya gak dirumah? Yang enak yang mana menurut lo?). Dan kalo beli handuk, misalnya ada 1 handuk dengan 5 warna, 5-5nya dibuka sama dia -____- Gak imajinatif abis, belom lagi selalu ngecek apakah ada yang ketarik gak benangnya. Tapi biasanya mereka sok2 bantuin ngelipet meskipun salah, tapi kadang dimaafin karena selalu sopan.

Dari Malaysia:

Kebayang Malaysia tuh selalu ngebayangin pemberitaan negatif mereka di Indonesia kan. Nah tapi mereka termasuk yang paling gampang diatasin. Kebanyakan datang pake bus coach gitu, khusus dateng buat shopping. Paling gampang break the ice, bilang aja gue orang Indonesia, langsung dianggap anak sendiri. Cakap2 sedikit bisalah. Basa basi dikit lgs akrab. Pasti selalu cerita, sering ke Jakarta, kalau suami2nya main golf, istrinya belanja. Kalo udah kelar belanja biasanya gue di interview, ngapain disini? Sekolah ya? Udah berapa lama? Betah gak? Yaudah kita lanjut shopping dulu ya, hati2 ya.. Ada satu ibu2 sangking akrab nya, pas dadah2 ama gue kayak mau nangis. Lalu gue dan bos gue bertanya2 sepanjang hari, kenapa sik mukanya sampe terharu gitu??

Dari Indonesia:

Nah ini susah-susah gampang. Kebanyakan kalo mereka dateng, tebak2an dulu ini orang Indonesia bukan ya? Kasus paling banyak, bingung gak bisa bedain fitted-flat sheet lalu dari hasil kebingungan itu adalah Inggris bingung dengan aksen amat Indonesia. Lalu biasanya gue tebak buah manggis, tanya, darimana? Kalo dr Indonesia lgs cas cis cus aja biasanya lgs lancar lah proses jual beli. Biasanya tebak2an nya lebih gampang lg, biasanya dateng sama pacar / ibu / kakak / temen atau siapapun yg orang Indonesia jadi gue bisa nguping pembicaraannya sebelom gue tanya. Kadang yang menantang adalah logat, tiba2 ada gitu yang lg ngegossipin orang pake bahasa Jawa medhok bangeeettt. Belom lagi ada yang dateng, tampilan boleh ala fashionista, tiba2 telfon bunyi, “LOH LE RAIMU NANG ENDHI?? AKU NANG TOKO SPREI IKI LO???”. Dan muka gue lgs ijo seketika.

Dari India:

Hmmmm.. How do I put this nicely.. Ini kalo ada annoying-o-meter di toko gue mungkin akan mentok, dan meteran nya jebol!! Jadi gini.. Biasanya skenario klasiknya, datang, diskusi dulu sama temen2nya/istri/suami/kakak/adik/temen/dkk. Terus muter2in setoko selama 30menit. Ditanya mau dibantu gak? Katanya gak usah kita liat2 aja kok. Ok, tapi kok liat2 ngeberantakin toko ya? Segala sample di udal-adul, lalu setelah “diberi ide bahwa kami perlu bantuan” (inception style), biasanya mulai nih. Langkah 1, mengeluarkan 1002 pertanyaan. Minggu lalu ada yang mau beli beach towel, pertanyaan nya se serius kayak mau beli rumah. Gue sampe bingung ini serius apa gak. Dan butuh 30menit buat bikin keputusan. Errrr ok. Langkah 2, bertanya pertanyaan yang udah dijawab. Biasanya kalo gue lg sabar gue jawabin aja, tapi kalo model2 yang rusuh gak sopan gitu gue biasanya cuma jawab dgn nada “gue udah bilang 3x, so pay attention and no, I’m not answering anymore questions”, lalu gue tinggal pergi. Ntar datang lagi dengan muka gak bersalah, lalu balik ke langkah 1 tapi dengan item berbeda tipis… Fraaakk. Biasanya kalo dalam level2 begini nih, yang nanganin gantian, semacam tag team gitu gue sama temen2 gue. Karena kalau diterusin gak baik buat kesehatan mental masing2 karyawan. Pernah suatu waktu (minggu lalu tepatnya), ada satu customer yang bikin gue-temen gue-bos gue, emosi banget sampe bos gue nyuruh kita keluar toko gantian, take a walk dan menenangkan diri. Ok kalo sampe 3 orang harus meredakan emosi begini sik bukan kita yang salah sik ya🙂

Kalo udah sampe langkah akhir ya itu bayar ke kasir, mereka akan tanya ke orang yang beda tentang hal yg sama lagi. Misalnya tanya ke gue, itu ada size Double gak? Gue jawab gak ada. Lalu tanya ke temen gue hal yang sama, dikira gue boong kali ya?!?!?! Udah bener2 ke langkah akhir, dilanjutkan dengan pertanyaan bombastis: no discount? Harganya gak bisa dibuletin aja? Gue beli banyak banget nih (2 items) masak gak dapet discount? Gue dapet bonus apa? Nyet menurut lo beli handphone di ITC?? Rata2 proses nya makan waktu 30-40menitan. Gak selalu kayak gini sik, 2% nya ya baik2 aja dan cas cis cus chop chop lets go agogo. Sayang yah, 98% nya itu bikin emosi duluan.

Dari Afrika:

Menarik nih biasanya. Colorful bgt, literally. Pakaiannya kayak mau ikutan karnaval. Rata2 mood nya: terlalu happy – terlalu cranky. Tapi mayan mudah diatasi. Pertanyaan standardnya: sprei lo gak ada yang ber-pattern? Kenapa polos semua sik?

Dari Irlandia:

Mirip Australia, cuma dengan aksen paling complicated sedunia. Biasanya backpacker yang lagi work-travelling visa. Super ramah. Suatu hari yang datang laki2, KW supernya suaminya Danii Minogue. Ngaco bgt. Gue lgs kebat kebit. Jadi ekstra ramah dan helpful ahahahha.

Dari German-Belanda-dkk:

Biasanya banyak pertanyaan teknis seputar kualitas dan perawatan. Chop-chop. Gak basa basi, suka beli, gak suka dada babay! Paling praktis!

Dari Amerika:

Aksen paling gampang dimengerti. Gak banyak tanya. Paling suka ngobrol. Ntar begitu ngobrol lgs ngira gue orang Philippine karena kata nya aksen gue Amerika banget. Terus gue bilang no I’m Indonesian, jawaban klasik, oh yeah you guys were Americanized hahaha. Paling bingung tiba2 ada orang Amerika ngira gue dari Canada karena aksen gue🙂 Ya gak!!

Dari Jepang/Korea:

Sopan banget, malu2 kalau mau nanya. Hobinya motret sign2 harga. Lalu kalo kegap lgs cengengesan malu. Skenario standarnya: gue kasih kartu nama, kasih websitenya. Lalu lgs kesenengan.

Tapi gak semua sifat nya kayak 98% diatas kok. 2% yang bikin super bahagia juga ada:

Suatu hari suatu ibu2 Asia (gue gak tau dia Sporean/Malaysian pada saat itu), datang belanja banyak. Banyak pertanyaan dan jujur minta barang dengan value yang plg tinggi. Harga ok, kualitas ok. Berhubung doi ramah gue juga baik2 aja kan. Setelah semua kelar belanjaannya banyak banget, 4 kantong berat semua. Gue tawarin perlu dibantuin ke mobil gak? Dia bilang ok kalo lo gak keberatan, boleh banget! Di perjalanan ke mobil, ngobrol basa basi. Dia nanya gue masih kuliah apa gimana. Cerita2 gue bilang kalo gue udah lulus kerja part-time disini sambil kerja freelance. Eng ing eng… Suaminya doi punya company design, dikasih kartu nama, disuruh email suaminya, kali2 aja dia lagi butuh orang. Dadah2 bilang makasih. Akhirnya gue email2an sama suaminya, sebut aja  Mr.Miyagi. Waktu itu belom butuh. Januari 2011 kemaren diemail ditawarin kerja freelance. To cut the story short, sekarang gue kerja part-time di kantor suaminya. Kebetulan kantor nya dirumah, jadi gue selalu ketemu si Mrs. Miyagi. Kalo lunch break kita suka makan bareng dan ngebahas gimana kebetulan yang lucu kayak begini suka kejadian aja.

So all of those 98% worth all the trouble karena 2% nya menghasilkan kayak cerita barusan🙂

4 thoughts on “My 2%

  1. Hahaha terjawab deh pertanyaan gue.. kenapa waktu boxing day sekali-kalinya gue ngeliat orang osi sebanyak itu ngedumplak di mol. hahaha ih ijk can imagine bgt tuh si kari.. sehari2 aja suseh gimana kalau ngelibatin duit.

  2. aaaaaaaaaah, happy ending ternyata yaaaa…

    mawi, ini pasti salah satu posting terpanjang lo ya.. tapi aku suka!! apalagi akhirnya hepi ending. ini yang waktu intvw lo nanya ke gw ya, mesti pake baju rapi atau enggak… padahal intvwnya BY PHONE? -__-”

    mengenai indihe, aku jg gak pengen rasis. tapi ya, memang perlu persediaan napas ekstra panjang yak.. meskipun ada jg yang mudah hehehe..

    • hahaha mustinya gue bikin cerbung gitu ya.. iya untung agak2 hepi ending😛 bukan yang interview itu beda lagi, gue beneran rapih2 loh tapi pagi2 hahaha freak abis :p

      mengenai indiheee ya gimana yahhhh *ngirup oksigen*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s