Tentang Konser

Gara2 NKOTBSB yang ora uwis-uwis kemaren, gue jadi pengen ngebahas beberapa konser yang bener2 mengubah hidup gue *dramatic pause*

Hahahaha najong drama. Tapi beneran konser2 ini efeknya itu masih kerasa sampe sekarang..

Justin Timberlake.

Ini dari urusan beli tiketnya aja udah parah, sold out dalam dua jam. Sampe gue bela2in ngantri ke venue, taunya ngantrinya kayak main uler tangga panjangnya sama satu suburb bok! Ngantri sambil telfon2an sama Ta, dia dirumah standby buat beliin tiket online, yang dimana websitenya down dulu… Ngantri ada kali dua jam-an gitu, pas gue hampir sampe loket, kayak ada dua cewek di depan gue gitu, akhirnya pas Ta bisa masuk dan dapet tiket. Pas bener, giliran cewek depan gue mau beli, SOLD OUT. Jeng jeng jeng jeng. Di hari H nya, ngelarin semua tugas yang gak karuan, lgs siap2 berangkat beramai2. Sampe venue masih sepi, terus tiba2 sepupu gue heboh gak karuan. Ternyata dia liat Marty Kudelka, choreographer nya JT, yang pernah jadi dancer nya Janet Jackson juga. HUWOW! Dia malu2 gak mau nyamperin, akhirnya gue seret, dan gue dengan sok kenal menyapa mas Marty, ihieks.. Baik banget orangnya, terus ngajak foto bareng. Udah kan. Akhirnya konsernya mulai nih, parah deh. Pas intronya dia pake shot tequila dulu sama band nya, keliatan banget enjoyyy dan santai abis.. Beda di konser2 biasa, biasanya gue pengen banget plg depan. Tapi konser ini gue kayak udah sempet bgt deket sama JT, semacam 2meteran lah, sempet rekam2 video. Ya udah terus perlahan2 gue mundur buat nikmatin. Kayak udah kelar deh deket2 panggung, rebutan sama cewek2 yang histeria abis. Si Ta pake acara ngilang ke bar dan beli merchandise.. Akhirnya kita mundur dan serunya, di belakang banyak orang yang lebih santai nontonnya. Pada joget2 nyanyi sendiri kayak lagi di club apa karaokean. Laid back abissss.. Naah pecahnya nih bagian.. Pas dia nyanyi Lovestoned, kan ada bagian interlude dimana beat nya masuk lalu lagunya jadi semacam elektronik mini gitu lah. Dan ini akan kedengeran tacky sik, soalnya.. Pas bagian masuk beat nya itu.. Dimana JT nya main syntheizer, itu semua gelap, cuma ada laser nyala2.. Pas bagian riff gitarnya jeng jeng jeng mulai masuk ke beat.. Astaga, gue ngerasa detik itu hidup gue kelarrrrrr, kelar semuaaaa.. Puas udah kesampean deh yang material nya.. Gue cuma bengong, sempet mau menitikan air mata dikit tapi gengsi. Cuma gue inget banget, gue sempet mikir di detik itu, pas banget sama lyricnya “Those flashy lights comes from everywhere, the way they hit it, I just stop and stare”.  Dan dilanjutkan dengan “anjrot ini konser udah de bes, kayaknya gue kalo disuruh bayar lebih mahal lagi gue rela deh, worth it banget” hahaha sok kaya!!! Pdhl jaman itu tiket konsernya aja minta kado nyokap *taek masih student nyet*. Pecah udah pecah.. Pulang2 konser, kasian si Ta harus dengerin gue dan sepupu gue ciapciap nonstop kayak abg hahahaha.

Stevie Wonder

Ini rejeki banget nih. Gue tau dia konser gara2 lagi mau ngapus2 email, terus tiba2 ada newsletter blg SW mau konser. HUA?! HALOH! Gue lgs mengumpulkan massa buat nobar, sepupu2 gue heboh. Yaiyalah heboh, secara kita kalo sore2 ngeteh dengerinnya SW *tua abis* khatam abis dong. Pas dicek tiket masih ada langsung beli! Tancap. Akhirnya nonton b4, gue sheree tata nabila. Setelah latian intensif lagu2nya, harap2 cemas All I Do dinyanyiin. Malam itu, SW nyanyiin semua lagu andalan gue *lagu andalan dia kaleee ah*. Itu pertama kali gue konser merinding nya gak abis2. Masa sepanjang dua jam gue merinding bulu kuduk. Paling kelar sik pas akhirnya intro keyboard.. All I DO. Itu gue tata nabila udah nyanyi sampe merem2 nahan merinding. Sayangnya cuma satu, Burswood Dome itu kampret deh kualitas sound system nya, pokoknya ada yang salah. Akustiknya kali ya? Apapun itu lah, bayangan gue kalo semuanya sempurna, pasti bakalan lebih keren lagi. Pokoknya gue sangat bersyukur bisa nonton SW bareng Nabila Tata yang “secara notabene which is” fans berat hahahaha. Lengkap! Komplit!

Major Lazer

Ini. Bener2. Teleport. Machine. The mother of all teleport machines. Tau gak sik rasanya, kalo lagi di konser terus bayangannya kebawa ke suatu suasana. Nah ini parahhh sik. Jadi ya setelah seharian kecewa sama si festivalnya, mana hari itu panassss alamakjan. 40 derajat siang2 nonton konser festival tanpa atep. Dj nya angot2an semua, segala Calvin Harris? Cih! Stagnan, kagak ada emosyennya gitu. Bagusan Inggroso kemana deh. Sayang kalah pamor hari itu, ditaro main siang2. Akhirnya setelah pindah2 stage seharian, sore2 emang sengaja mau nonton MajorLazer. Mereka di tempatin di tenda khusus gitu. Begitu mereka keluar gue lgs starstruck, DIPLO IS HOT! Like freaking HOT!!! Pake suit dong dia.. Padahal sore2 panas njejep abis. Begitu mulai main.. Itu rasanya lo kayak di teleport ke area dancehall reggae di Jamaikah brah!!! Segala orang dance nya udah gak karuan kayak trance.. Kalo gak ati2 muka lo bisa kegeplak orang yang dance nya udah beda tipis sama tari kecak di gabung break dance. Gue waktu itu nonton rame2, tapi yang niat MajorLazer cuma gue Nabila Hari. Pecahnya passs.. Pon De Floor (yang pamornya dirusak gara2 si Beyonce pake intro beat nya buat si We Run The World?). Itu pas dipasang kayak semuanya keossss keooosss. Dan mereka konser emang bawa 2 dancer gitu kan, sama semacam MC buat ngeramein, jadi di stage nya aja udah heboh bgt. Itu pas Pon De Floor tiba2 segerombolan cewe2 naik ke panggung dong. Security nya sempet panik, tapi sama Diplo dibiarin, malahan dia kayaknya seneng gitu. LOH. Sampe akhirnya terlalu rusuh, akhirnya cewek2 itu digiring paksa supaya turun panggung. Terus gue itu harap2 cemas sebenernya dia bakalan mainin Keep It Going Louder apa gak. Soalnya kan featuring Nina Sky, terus yang bakalan nyanyi siapa? Kalo versi remix pun tetep ada NS nya, tapi lebih downbeat, gak mungkin *taek ribet sendiri*. Eh tapi akhirnya dimainin dong, terus gue rekam video pake BB, dan batre gue abis. Jeng jeng jeng. Rasanya pengen gue injek2 bb gue saat itu juga. Kampret. Terus tapi juaranya adalah pas mereka tiba-tiba main… Ace of Base – All That She Wants. Itu udah bener2 kelar. Sebenernya abis itu agenda nya adalah nonton Tiesto, tapi baru lagu kedua kita udah kebosenan, dan gak mau move on Major Lazer, jadinya kita memutuskan pulang. Efek pulang konser itu bener-bener kayak abis olahraga seharian, secara 40 derajat, jadi kepanasan, langsung item, belom lagi pegel2 loncat sesorean.. Kebetulan nyokapbokap gue lagi di Perth pas itu, buka pintu pertanyaannya, “Kalian abis nonton konser apa nyangkul sik? Kok lusuh amat?”. Hahaha. Sayangnya malam itu endingnya harus dirusak sama Hari, karena sepanjang perjalanan pulang dia mau dengerin Dewa, Lagu Cinta *drop dari langit ke 7*. Karena lagi antara jatuh cinta sama patah hatiiiiiii.. Awwww.. *pukpuk Hari*.

The Killers

Nahhh ini udah deh. Kelar dari segala kelar. Anak2 metal kan naik haji kalo nonton Metallica, gue naik haji pas nonton The Killers. Emang kayaknya kalo konser yang paling kelar itu biasanya beli tiketnya mepet2 gak rencana. Sbnrnya waktu itu gue semacam dilema beli gak, beli gak. Karena nonton sendiri, temen2 gue gak ada yang mau, terus tiketnya semacam mahal. Waktu itu lagi pailit abis. Eh tiba2 kerjaan freelance dibayar, lalu langsung memantapkan diri deh, mau sendiri kek, mau berombongan kek, yang penting harus nonton. Secara The Killers. Emang sik festival gitu, tapi band nya yang gue familiar cuma Kaiser Chiefs, Snow Patrol dan ya The Killers. Akhirnya gue dateng sore2, skip band2 gak penting. Sempet nonton The Kills, tapi gak ngerti gue lagunya. Cuma sekedar pengen liat aja, mana sik suaminya Kate Moss? Kate Moss ikut gak ya? Hahahah tetep niatnya ketemu selebritis. Sorenya, bintang tamu gede2 mulai dikeluarin. Kaiser Chiefs main.. Jeng jeng jeng, gue tadinya cuma suka 3 lagu, lalu langsung ngefans.. Live nya bagus banget. Powerful parah! Jadi panggung gede nya tuh ada dua, sebelahan. Begitu Kaiser Chiefs selesai main, Snow Patrol main di panggung sebelah. Berhubung abis itu The Killers, gue gak mau pindah posisi demi bisa nonton TK dari deket. Biar bisa foto2 lebih jelas Brandon Flowers… Lagian gue udah pernah nonton SP. Jadi yaudahlah..

Dan akhirnya… Panggungnya gelap semua, lalu lampu neon pelan2 nyala. Ada pink flamingo, ada pohon palem boongan, dibalur lampu neon. Lalu.. Semua orang jerit2 gak karuan (termasuk ada cewek asia tereak2 Brandon Flowers will you marry me, tebak siapa), lalu.. TK mulai main. Yaaa ampuunnnn. Itu pengalaman paling deket gue dengan nonton konser yang penontonnya laki semua, loncat2 nonstop. Itu yang nonton badannya kayak gajah, sementara gue kecil mungil udah kayak upil. Sempet serem keinjek2 sik, tapi untung disekitar gue kayaknya pada sadar diri, jadi ngasih jarak biar gue bisa napas. Awww mas2nya tampang rambo hati rinto semua. Anyway, konsernya gokil. Itu semua orang bener2 afal lagunya mereka by heart. Paling seru itu pas Jenny, pas tengah2, pas drum gitar nya lagi heboh2nya, terus Brandon tiba2 main synth apa keyboard ya, itu orang2 loncat2 nya udah beneran kayak ombak, nonstop. Dan kalo setlist mereka itu passss banget masuknya. Flow nya pas sama mood orang. Pelan-pelan ngejaga mood orang dan terus dinaikin ke atas. Gileeee mennnn. Bener2 deh konser rock yang bener2 berhasil, sejam setengah, semua lagu yang gue suka dimainin secara sempurna, yang hits, yang bukan hits. Brandon Flowersnya ganteng banget, awkward2 komunikatif gimana gitu. Kalo bahasa sok kerennya, kita semua sebagai penonton merasa konek banget deh sama TK malam itu. Abis abisan koneknya. Akhirnya ditutup When You Were Young, and the crowd went crazy. Ini tuh model2 konser yang sampe sekarang kalo gue dengerin lagu mereka, gue lgs kayak inget dan balik ke jaman gue nonton konsernya. Cihhhhh. Parah! Ayo dong Brandon, udahan ah solo albumnya, jelek juga. Mendingan balik deh aktif TK lagi, jangan sembarangan gagalin konser dong. Suka ngasih harapan kosong deh!!!!!

Yes thats my top4 concert list. NKOTBSB ok lah, tapi secara nostalgia doang, secara musikalitas gak bisa dibandingin sama list diatas. Dan 3 juara harapan yang gak masuk top4 adalah Foo Fighters (karena gue nontonnya di tribun, duduk, gak bisa lompat2, dan dia gak bawain Walking After You dan D.O.A.), Maroon 5 (karena meskipun gue khatam lagu2nya, tapi yaaa gitu2 aja lah), John Mayer (karena dia gak bawain Back To You). Hehehe gak masuk list karena gak bawa lagu2 kesukaan gue. Sentimen nyeet!!!

Dan mudah2an ada keajaiban tahun ini, biar bisa nonton Radiohead di Melb. Tiketnya ludes katanya dalam sejam. Dan konsernya tgl 17, tapi gue ke Melb tgl 18. Beda sehari. TIPIS TIPISSSS!!! Mudah2an ya bisa ketemu Thom Yorke dimana gitu, terus kita bisa praktek dance nya dia di Lotus Flower. Ok Thom? Ok ya?? Okesip!

2 thoughts on “Tentang Konser

Leave a Reply

