Sherlock & Watson

Ceritanya semua orang di tempat gue kerja itu memiliki cita-cita terpendam jadi detektif partikelir. Macam Hunter & Dee Dee McCall, Sherlock & Watson, dkk. Kita beberapa kali urusan sama polisi gara2 ada yang mau nyoba nyolong terang2an, atau ada yang coba ngehack eftpos machine kita. Terus giliran bagian back-up2 cctv itu kita semua yang rasanya kayak seneng bgt, karena bisa jadi bagian “penyelesaian” kasus kriminal. Suka harap2 cemas, dipanggil jadi saksi gak yah di persidangan, terus bayangin pake baju apa. Frekwensi sedengnya sama semua yah, banci tampil!!!

Nah tadi siang, gue, A si manager, dan L kerja bareng. Hari ini hari terakhir mid-year sale gede2an, rame nya kayak PI Mall hari Minggu pas liburan sekolah. Hadeh cendol abisss. Lagi rame2nya, tiba2 ada yang telfon, si L yang angkat….

Si ibu di telfon bilang ini,

Dia pengen banget belanja buat kasih kado sahabatnya nikah tapi hari ini harus kerja, jadi temennya akan datang belanjain barang2 yang dia mau lalu bayar pake credit card dia. Si temennya akan di bekalin credit card detail nya di secarik kertas katanya.

Jeng jeng jeng. Si L tadinya mau konfirmasi ke bos gue, tapi kita semua lagi ribet super ribet, jadi dia cuma bilang, oh ya udah gue gak yakin bisa, tapi kayaknya bisa sik.

Pas agak sepian, L cerita ke gue dan bos gue soal si ibu2 di telfon ini. Lalu kita berdua yang, errrr that sounds dodgy dong. That’s like #dodgy101 banget. Mana ada orang ngasih credit card detail ke temennya untuk belanjain. Kalo mau kan bisa, lo liat ke website lalu lo milih barang, ntar lo bayar lewat telfon, ntar barangnya diambil besok atau kapan, bisa diatur. Bos gue lgs wanti2 bilang gak bisa, karena kalo itu credit card curian, itu akan jadi tanggung jawab kita. Dasar si L, her faith on humanity is damn big ya… Dia secara gak langsung menuduh kalo gue dan bos gue itu terlalu kaku, gak fleksibel dalam hal kayak gini2, so not European! Kenapa kita gak pengertian sama orang yang sibuk, mau belanja dan gak bisa. Lah?!?! Kenapa gue jadi harus mikirin orang?!?!? Akhirnya bos gue bilang, kita akan telfon owner atau head office buat konfirmasi kita harusnya gimana. Sebenernya dia tau sik harusnya gimana, cuma dia telfon owner gue cuma buat bikin si temen gue diem. Terus si L nanya ke gue, gimana menurut lo? Gue males debat, gue cuma bilang, you can’t trust people, especially about credit card, that sounds dodgy to me, I won’t accept it.

Sejam kemudian.. Kita udah lupa…

Ada ibu2 berambut merah, pake coat item, bawa belanjaan pecah belah dari Royal Daulton. Terus dia nanya ke kita, gue boleh nitipin ini di balik kasir lo gak? Soalnya gue takut pecah. Akhirnya kita taro lah di bawah. Terus kebetulan gue yang free, jadi gue layanin dia. Dari pertama dia ngomong gue gak sreg, karena dia ngomong mukanya deket bgt ke muka gue. Gue sampe mundur2 terus. Senewen abis. Dan ini orang gak bisa diem, yang antara jumpy, nervous dan apa ya? Pokoknya aura nya gak sinkron deh. Gue gak nyaman banget. Dia bolak balik bilang dia bantuin kakak nya buat belanja, buat beli kado orang nikah. Otak gue lgs konek, tapi gue diem aja gak ngomong apa2. Dia bilang mau barang yang quality nya bagus bgt, gue tunjukin lah barang2nya, terus karena dia gak tau mau warna apa, gue sengaja aja gitu pilih warna tabrakan. Merah gelap sama coklat muda. Dia gak protes cuma wah ok ok, that looks good. Gue sampe, “Really?”. Terus tiba2 entah gimana gantian jadi bos gue yang layanin dia kan. Pas mau bayar, dia bilang “I’m ready to spend $600 for a wedding present, what should I get other than a sheet set?”. Bos gue liat padanan warna yang gue pilih agak ngerungkel ngeliat ke gue bingung, terus diajak ke bagian handuk. Dapet lah 3 set handuk yang paling mahal.

Kelar belanja, siap mau bayar, lalu dia ngeluarin secarik kertas berisi credit card details kakaknya. Gue sama bos gue langsung kode2an. Bos gue lgs bilang, Oh kakak lo yang telfon tadi ya? Sorry kita gak bisa terima detail credit card orang dari orang lain, gue harus ngomong sendiri sama kakak lo di telfon. Mana coba nomer telfonnya? Kita tanya aja sekarang. Si ibu agak nervous ngeluarin hpnya, terus bilang, kayaknya lebih cepet kalo lo yang telfon deh, dia tadi ninggalin nomer telfon kan? Gue lgs haaaik, sigap telfon si kakaknya. Terus masuk mailbox terus, gue telfon sambil judes merhatiin tangan si ibu ini megang hp nya, jangan2 dia yang telfon tadi pagi lalu sekarang gue telfon dirijek2 terus. Akhirnya karena gak bisa ditelfon kita bilang, ntar kalo lo bisa hubungin kakak lo, atau kakak lo telfon kita, kita bisa proses. Tapi kalo gak, sorry banget, gak bisa. Si ibu2 terlihat kecewa plus salting saudara2, gue dan bos gue sok cool aja kayak gak ada apa2. Dia bilang ok deh, ntar gue suruh dia telfon, atau kalo gue bisa hubungin dia gue balik kesini.

JENG JENG JENG JENGGGGG.. Kaaan bener kan #dodgy101 banget!!!!!

Kita lgs cross check informasi dong, ibu2 di telfon bilang “temennya”, nah ibu2 tadi bilang belanja buat “kakaknya”!! Gimana sik bohong gak sinkron!! Akhirnya confirm lah, ini pasti credit card curian. Bos gue nyuruh gue ke Sheridan, bilangin kalo ada ibu2 tadi berarti mau nipu kan. Si orang2 Sheridan malah bilang ke gue, LAH ITU KEJADIAN KE KITA TAHUN LALU!!!! $600!!! Nah kan!!! Plek keteplek2 skenarionya, mau belanja buat temen/kakaknya buat hadiah kawinan!! Bos gue lgs ke Royal Daulton ngecek soal ibu2 tadi, si manajer nya bilang “Of course I won’t accept a piece of paper…”. Eh anak buahnya muncul bilang, “We don’t? I just did!! She called us this morning to let us know her friend is doing her shopping!”. Itu muka manajernya katanya udah kayak keluar asep dari kuping, marah berat. Bos gue lgs ngacir, ke toko sprei sebelah, Adairs. Ternyata mereka kena tipu, di telfon juga tadi pagi, dan sama pula skenarionya!!! Nah looooo..

Akhirnya setelah L denger semua cerita gue dan manager gue, dia cuma ngangguk2 aja. Soalnya tadi selama kejadian si ibu2 itu dateng L lagi sibuk ngelayanin orang kan jadi dia gak liat sama sekali. Gue sekalian aja rubbing it on her, kalo kita bukan kaku or “so not European” about this whole shindig kan. Bos gue senyum2 simpul menandakan “I’m right bitch”. Hahahaha. Dan akhirnya setelah koordinasi sama toko2 lainnya, kita akan lapor polisi. Besok bos gue mau coba telfon nomer ibu-ibu tadi dari telfon dia, mau coba2 ngorek informasi dkk. Dan kita akan transfer cctv lagi, kirim2 ke polisi (dan semua orang berharap pak polisi super ganteng waktu itu akan datang kembali hahahhaha).

Yesss dan episode pencurian kartu kredit ini berarti belum selesai sampai disini. Besok-besok akan ada interview pak polisi, kira2 si ibu2 ini akan ketangkap gak ya? Kalau iya pake persidangan dan kita harus dateng gak ya? (efek kebanyakan nonton L.A Law pas sd nih).

Btw on a totally random note, kalian dulu sempet ada masanya nyebut L.A Law itu LALAW gak sik? Gue iya, dan lalu diketawain sama sepupu2 yg udah gede *dendem kesumat*.

 

2 thoughts on “Sherlock & Watson

  1. Allo..udah lama jd silent reader..i really enjoy reading ur blog,soal lalaw hrs dikomen..krn oh krn…sama ya bo…dulu g juga bilangnya gt..pas udah gede baru nyadar kalo itu bacamya LA LAW…hahah..dulu bagus bgt ya itu series,tp udah agak lupa skr..skr mah jamannya law n order

    Cheers n salam
    Mata fithri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s