When In Rome

Suatu hari gue pernah bingung bgt karena ceritanya waktu jadi kasir, ada nenek2 langganan belanja tiap Rabu siang, terus karena dia gak kuat bawa berat, gue selalu nganterin dia pulang bawain belanjaannya (kesempatan keluar toko buat jalan2 tuh harus dipergunakan sebaik mungkin). Di kesempatan pertama itu kita akhirnya kenalan basa basi, mungkin karena dia kesepian sehari2nya, diajakin ngobrol tuh seneng bgt. Padahal perjalanannya cuma kayak 7 menit kali ya. Diakhir perjalanan pertama dia bilang, “You’re such a nice girl, such a nice immigrant, we need more people like you in Australia”. Cing!! Mungkin maksudnya baik ya, tapi gue dibilang imigran ego nya agak tergores dikit. Emang imigran, tp bayangan gue imigran tuh yang dateng naik kapal, pura2 tenggelem di kapal terus diselametin (effing boat people @#@$#$%!!!). Sementara gue dateng kesini sekolah, terus betah terus pengen aja tinggal sini selamanya (drama). Jadi di dalam hati gue, gue itu bukan imigran gitu, karena gue punya pilihan untuk tinggal disini atau pulang ke Jakarta. Permasalahan kata aja sik sebenernya.

Terus kemaren pas di Melbourne, gue, S, dan T lagi di tram. Kan kursi di tram itu ada dua arah ya, yg ngadep jalan, dan ngebelakangin jalan. Lalu di depan ada nenek2 Australia nanya ke ibu2 Afrika yang kursi sebelahnya kosong, tapi dia taro tas belanjaannya, “Can you please move your bag? I have to sit facing the road, if not I’ll get headache”. To be fair, kursi kan emang buat orang duduk ya, bukan buat tas, jadi pantas2 aja si nenek2 nya nanya. Si ibu2 Afrika bilang, “There’s an empty seat there, so I’m not moving my bag”. Ok.

Lalu nenek2 nya misuh2 kan, tiba2 ada nenek2 lain ikutan menyerang si ibu2 Afrika itu dengan bilang, kita semua bayar tiket buat duduk, bukan buat duduk dan naro tas. Si ibu2 Afrika gak nanggepin, cuek bebek cuma bikin gesture, serah deh lo mau ngomong apa. Si nenek2 rewel itu panas, lalu keluar kata2..

“These effing immigrants, they come here and act like its their country. Why don’t you go back to where you came from!!! Go back to Africa, with the lions and animals, thats where you belong!!”.

CING!!! Satu tram shock dong, gue, S, T bengong sekian detik gak percaya keluar kata2 itu dari mulut si nenek bawel. Sementara sebelah gue ibu2 muda turbanan ala Erykah Badu yang udah jelas2 dari Afrika lgs nengok nyolot ke si nenek2 bawel. Gue gak enak hati lalu bilang, “I’m so sorry you have to hear that.”. Kakek2 depan gue juga senewen lalu bilang ke ibu2 sebelah gue, “Please ignore her, she’s just a racist old fart, we’re not all like that. I’m so sorry”. Si ibu2 muda ini senyum tapi kenceng bener mukanya udah gak tahan pengen ngelempar kelompen ke nenek2nya dong.

Sementara si nenek2 itu dapet temen nenek2 juga yang komen non stop soal immigrant, dan gimana si ibu2 itu berharap pemerintah nyetop datangnya immigrant, tentunya sambil ngeliat dan mlero2 ke si ibu2 Afrika tadi.

Booookkkkkkkk.. Gue sangking marahnya pengen bgt tereak, “Shut up you effing old fart, I work my ass off, pay my taxes and prolly that goes to your pension!!!!”. Tiba-tiba kalo kejadiannya begini, gue lalu merasa sebagai imigran hahahaha. Muka gue seneweeeen luar biasa, pengen bgt nyautin si nenek2 tadi tapi gak pengen bikin keadaan ricuh. S, T cuma bilang udah diemin aja, doain aja gank nenek2 itu pas jalan pulang kesandung terus jatuh.

Lalu di stop berikutnya, mereka masih nya nyi nya nyi nyu.. Ada gadis muda naik, lalu berdiri aja karena emang tempat duduknya cuma ada di sebelah ibu2 Afrika yg naro tas tadi. Terus nenek2 itu pd tereak2, “Oh sorry darl, you can’t sit because that AFRICAN lady decides to put her bag in the seat, they don’t know how it works here..”. Duile panjang benerrrrr.. Masih nyerocos setengah tereak2, gimana mereka harus balik ke Africa lah nanananana.. Si gadis muda akhirnya gak tahan terus bilang, “Why do you bother, you have a seat, and I don’t wanna sit. What’s your problem?”. Nenek2 shock bentar doang, lalu nyerocos lagi, “Oh you’re probably one of them, bag lady, you put your bag in the seat as well huh?”. Nyerocosss terus akhirnya si gadis muda bilang, “Why are you so racist, relax.. Its just a seat..”. Nenek2nya, “Oh i’m not racist..!!”. Gadis mudanya, “Well you said some pretty nasty stuff before..”. Nenek2 nya cuma mlero2 terus ngomel2 bareng gank nenek2 bawel tadi.. Tetep soal imigran dkk.

Terus sepanjang perjalanan muka gue senewen. Padahal yang dihina siapa, terus kenapa gue yang lgs ngedrop. Ngebayangin gitu ya, jadi si ibu2 Africa apa rasanya. Dibilang gitu. Padahal gue dibilang imigran aja mencelos, ini lagi, disuruh pulang ke Africa barengan singa dan kawan2. Duuuhhh ini negara maju loh katanya…

Kejadian begini emang gak sering sik, gue pernah kena juga tapi minor bgt. Lagi nonton di bioskop sama temen2, terus di belakang kita segerombolan bogans (equivalent dengan alay). Terus mereka duduk berisik nendang2, temen gue panasan sik emang, trus dia berdiri, “Hey mate, can you sit quietly. Don’t effing kick our seats all the time.”. Bule nya bengong bentar lalu nyolot, lalu temen gue dengan gesture “Mau apa lo ribut sama gue hah hah..”. Taek rusuh pdhl filmnya Kungfu Panda :))) Gue udah feeling kayaknya pas pulang bakalan di ikutin. Pasti. Banget.

Nah di parkiran pas pulang nih bule2 siap banget ribut. Pas kita jalan ke mobil, bener kan di segerombolan mamang2 mancing ribut. Tereak2, “This is our effing country mate.. Go back to your country if you dont like how roll..”. Taeeek bebek sok ghetto lo nyet. Gue udah baca qulhu nonstop aja, karena temen gue ini orang nya senggol bacok, jaman mudanya tukang gebukin orang. Di kepala udah mikir telfon polisi sama telfon sodara gue kalo ada apa2 hahahaha. Eh di luar dugaan, temen gue bilang gini dengan muka ngeheknya..

“Dude i live here for 15 years, i pay my taxes, that money goes to your centrelink, it gives you money to do your shit.. Or how you say it, to.. roll?”.

Terus dia jalan lagi kayak gak ada apa2. HAHAHAHA. Itu muka mamang2nya bengong berusaha mencerna, lalu bingung mau ngomong apa akhirnya cuma keluar a e a e terus piss off mate ladida hahahaha. Duh..

Kampretlah. Kejadian begini emang cuma sekali dua kali sik palingan. Minor tapi jadinya major yaaa (labil deh).

Anyway, setelah kejadian itu gue jadi berjanji sama diri sendiri. Gak mau lagi racist2an deh sama orang lain. Dalam sehari2 kan bisa aja tuh keluar komen2, dari mulai nyelain tetangga yg dari negara yg suka joget2 di pohon, customer kampret dari negara panda, dkk. Emang paling gampang nginget2 sifat2 tipikal yg jelek dari suatu ras terus itu yg keinget mulu. Padahal kan gak semuanya begitu.

Jadi mudah2an kejadian2 kayak tadi bikin gue lebih aware deh. Bahwa semua orang kan asalnya baik aja ya, mungkin masalah culture clash aja gitu. Tapi ya gak bisa dipukul rata semua nya begitu.. Ya mudah2an deehhh ya bookk.. Kan sesama imigran dilarang saling mendahului… #eeeaaa

6 thoughts on “When In Rome

  1. ampuuun deeeeh…kalo udah masalah ras begini emang sensi yaks neng,
    jadi ingat zaman dahulu terkadang sampai sekarang dinegara kitapun masih sering terlontar ucapan ” dasar cina lo” padahal sama2 WNI -___-

  2. Maar, yg gw gak habis pikir… Tu ibu2 Afrika kenapa kekeuh banget sih naro tas nya di kursi? Masalahnya orang2 macem gitu itu yg bikin image kita jadi jelek.. Nenek2 bule itu mungkin nggak cuma sekali-dua kali ketemu imigran yg gatau manner, makanya doi snap kali yak?

  3. iiih gw dong pernah diludahin orang dan digulingin dari beca cuma karena gw cina :))
    (sekarang mah kalo inget geli pengen ketawa, waktu kejadian sih mewek semewek meweknya)

Leave a Reply

