Pingu On Mars

Dosen plus idola abadi gue dulu, si AN pernah bilang, sebagai designer, “You have to allow yourself to appreciate  every little thing, sunset, songs, movies, books. Whether its crying, sobbing, laughing, jumping all over the place, allow yourself to do it once in a while”. Terus jaman dulu sik gue cuma yang pffftttt seniman bgt sik dikit2 nangis, bayangan gue yang dramatisir gitu lah. Tapi terus teruss… Jaman baru pindah ke Perth, gue kan tinggalnya dirumah tante gue. Kebetulan ngesot dikit udah sampe ke pantai gitu, lengkap ada keriaannya, cafe, bar restoran dkk lah. Skenario klasiknya sik, tiap pulang kuliah sore2, sok2 bawa sketchbook, terus ngesot lah kita ke pantai. Duduk bengong dengerin ipod, yang ada sik gak pernah tuh gambar2, adanya bengong, dengerin Royksopp’s Sparks, terus tarik nafas nonton sunset, sambil non-stop fotoin sunsetnya. Azegh. Antara sedih-sedih seneng gitu baru pindah ke desa sepi, tapi seneng akhirnya sampe juga (apaan sik labil bgt). Kayaknya disitu deh titik gue mulai memperbolehkan diri gue agak sensitif sama suasana (booong bgt, wong ngeliat topeng monyet di pinggir jalan aja mimbik2).

Nah tapi sejak itu gue jadi ngerti maksudnya dosen gue, kenapa dia ngomong gitu. Secorny apapun kedengerannya, tapi emang ngebuka senses lo penting bgt. Karena kan emang, apapun yang dari dalam hati pasti hasilnya akan bagus *omg i can’t believe i just said that*. Intinya sik ya biar kita jadi lebih sensitif aja sik. Tapi ya jangan keseringan sik, nonton sunset terus terharu terus nangis tersedu2 di pinggir pantai ya dikira orang stress mungkin?

Lalu lalu, fast forward ke tahun 2011. Dikenalin ke Anto sama si Miund, gara-garanya kita semua sama-sama pengen bgt submit artwork ke theydrawandcook.com, tapi seperti biasa, niat gue setinggi langit, tapi realisasi? NOL. Alasan klasiknya karena gak bisa gambar (plus gue gak bisa masak juga sik, masa mau submit resep orak arik?), jadinya cuma si Miund sama Anto yang submit. Nah sejak itu kita jadi sering ngobrol, karena bener-bener tergila2 sama buku ilustrasi anak-anak, ngefans sama Shaun Tan (gue dong pernah ketemu dong, salaman lagi weeeek *teah pamer), terus sama2 koleksi Oliver Jeffers, dan lain-lain. Yang lucu sik, gue sama Anto meski baru kenal tapi kalo ngobrol udah kayak kenal dr dulu gitu, plus ternyata kita sekampus pas di Jakarta, beda setahun doang, tapi sekalipun gak pernah ketemu!

Sejak itu banyak lah cita-cita, bikin buku bareng, si Anto ini kebetulan story teller yang amat sangat canggih. Dia rutin banget ngirim cerita2 nya ke gue (di saat gue ngetik blog ini, Anto lg on fire tiba2 ngirimin cerita cuma gara2 gue kasih liat sketch gue), terus gue seketika suka dapet aja gitu visual gimana ceritanya.  Udah hampir bgt kejadian bikin buku bareng, dia tiba-tiba dapet tawarin gt buat bikin buku anak2, terus gue sampe udah bikin mock-up bukunya, tp karena satu dan lain hal, gak jadi. Ya udah emang gak jodoh. Selain itu, kita emang masih belom pede sik, kita berdua selalu minder ngerasa gak bisa gambar. Biar saling nyemangatin, herannya tetep minderan aja bedua. Tapi cita-cita kita tetep, pokoknya suatu hari HARUS!

Sampai akhirnya suatu hari si Anto tiba2 kena musibah, patah kakinya. Di rumah sakit gak bisa ngapa2in kan, akhirnya gambar2 doang dia, sambil tetep dikirim2 ke gue. Terus di post lah ke Path, ada satu gambar, Hot Air Balloon. KECE SURECE MEN! Si Smita lgs ngetag, kalo dia mau ini buat Sabia. Lalu gue lgs terror ke Anto, pokoknya harus gue yang bikin digital illustrationnya!! HARUS! (karena si Anto gak bisa digital illustration juga sik hahahahak). Akhirnya suatu malam, entah gimana gue ngebut aja gitu. Konsep “once u popped, u can’t stop”. SRESET! Jadi loh semaleman, lgs terror si Anto. Lalu berdua terharu biru karena hasil jadinya bagus banget, sampe hampir nangis dua-duanya. Terus gue malam itu mantap berkata, “Nyet, let’s do this.”. Anto setuju, lalu gue tercetus (anjrot, tercetus) untuk bikin nama nya “Pingu On Mars”. Karena nick nya Anto itu antopinguin, konon katanya  jalannya kayak pinguin, sementara Mars adalah nickname gue. Jadilah konsepnya adalah Anto gambar, gue yang bikin digital artworknya. Akhirnya karya pertama itu dinamain “Sabia’s Hot Air Balloon”. And so far, artwork ini masih jadi favorit orang2. Dan secara lagi on fire bgt, 4 hari pertama itu lgs jadi aja gitu 4 artwork😀 Lalu hiatus dua minggu karena kedatangan anak-anak cemong dr Jakarta. Hehehehe.

Anyway, intinya gue berterima kasih kepada universe yang dengan segala skenarionya mempertemukan gue sama Anto lewat Miund (dapet istana persahabatan di syurga nyet). Karena lewat Pingu On Mars ini akhirnya gue bisa nemuin hal yang gue bener2 suka ngelakuin, enjoy bgt bahkan sampe gak sabar buat pulang, dan weekend semedi dirumah buat ngerjain ilustrasinya, and the best part is i’m doing it with my best friend! Akhirnya setelah diskusi super semangat, kita sepakat mau beneran jalanin serius, lalu sreset, website jadi. Kita mulai terima orderan loh, artworknya udah nambah lagi. Plus sekarang terima commissioned work! Kemaren baru dapet 2 order pertama dari miss T, tapi belom boleh di publish karena karyanya belom sampe pada tangannya. Ahay!

So boys and girls, check it out ya.. Pingu On Mars!

7 thoughts on “Pingu On Mars

  1. apalah aku kok jadi sentimental membaca ini.
    selamet ya Mars dan Pingu! so proud of you two!

    keren keren artwork nya, kalo nanti ada casing henponnya aku mau ! (anto pernah whatsapp gw soal ini, mwahahah)

  2. ehm. i’ve checked out the site a couple days ago. suka banget sama semua ilustrasinya. langsung membayangkan kalau punya rumah sendiri, kayaknya cakep nih kalau ada ilustrasi kalian (oke, berarti beli rumahnya dulu ya hakhakhak). dunia sempit banget ya, anto soalnya temen misua gua😀 (iya ini kode diskon HAHAHAHAHAHAHA gak dengg). semoga langgeng partnershipnya dan ditunggu karya2 selanjotnyaaaa….

  3. Pingback: 2014 | mrs.snts v.02

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s