Zen (Malik)

Cieh. Berat di judul. Sebenernya belom zen, lagi mencoba. Dalam rangka breaking the habit (nada Linkin Park), tahun 2015 ini mau ke arah lebih baik, di semua sisi. Mental, fisik, semua nya kalo bisa. Ya kalo bisa aja, namanya juga usaha, jangan dipaksa-paksa amat gitu.

Terus berhubung jeans yg baru dibeli December kemaren mendadak sesek luar biasa, terus berat badannya semenjak balik ke Jakarta kemaren gak balik-balik ke sebelomnya, terus kemeja-kemeja ngantor mulai agak sesek.. zzzzz.. Jadi dalam rangka mensana en corpore sano, mulai ngatur makan dikit-dikit. Baru mulai sejak tinggal sendiri, karena pas tinggal bareng Xy itu godaan banyak, dan gue gampang nyerah. Tiap hari makan nasi PORTUGAL – porsi tukang gali, kari ayam, risotto, ayam goreng oseng2 kangkung, ke ef si, segala nya deh.

Anyway, akhirnya beneran ngatur makan, dgn kompromi: makanan sehatnya harus yang gue suka. Akhirnya diputuskan, Senin-Jum’at (siang) makan salad, no carbs. Terhitung Jum’at malam sampe ke Minggu sore, BEBAS BROOOH! Pelan-pelan ganti roti ke wholemeal, bye bye Country Split, you’ll always be in my heart! Untungnya karena gue anaknya gak bosenan soal makanan, dikasih garden salad + ayam siang malam 4 hari berturut-turut tetep happy. Ahey! Berhubung lambung gue melar abis-abisan, jadi harus pinter-pinter ngasih selingan diantara makan siang ke makan malem, biar gak shock2 amat. Stock pisang – apel gak pernah abis sik dirumah. Eh tapi ternyata, badan nya gak shock-shock amat. Mungkin karena cuma 4 hari seminggu ya. Selain ngurangin carbs, gue ngurangin minuman berwarna gak penting. Coke dan teh botol yang tadinya gak pernah absen di kulkas, di bumi hanguskan. Azeghh. Jus-jus juga skrg belinya yang bikinnya keliatan, jadi bener-bener fresh gak pake gula-gulaan yang gak penting. Harganya ya tiga kali lipet, agak miris ngeliat harganya, tapi ya udah deh pengorbanan. Alkoholnya juga dikurangin abis-abisan, hanya kalo Jum’at sore di kantor aja, karena barang gratis itu gak boleh ditolak #teah #murah, diluar itu, kalo gak pengen2 amat ya gak usah.

Sebelom mulai atur makan, berat badan gue emang lg berat-beratnya, akhirnya setelah seminggu apa dua minggu gitu keliatan hasilnya, turun 2 kg-an. Terus selama sebulan kemaren akhirnya turun 5 kg! HA! Kalo diliat dari perawakan gue sik gak keliatan2 amat. Segitu2 aja, tapi yang paling kerasa adalah skrg celana gak sesek2 amat. Terus kemeja kerja favorit gue yang kemaren2 kalo dipake, akan membuat gue terlihat seperti arem2 kebanyakan isi, sekarang pas lagi! AAHAAA!!!

Terus ceritanya gue selain ngatur makan mau sok mengimbangi dengan work out. Berhubung rencana box and bike (boxing 5 menit, 1 menit spinning), ketunda mulu karena plg kerja teler semeler. Akhirnya yaudah deh coba yoga dirumah (lewat youtube #digital), konsultasi sama si non sahabat gue yang yogi, milih yg plg basic. Nah, saik bais nih, udah siap2 beli yoga mat, terus suatu hari gue pulang kantor, bersih2 nyemil dikit lalu siap2 yoga dong. Karena udah lama gak yoga, hari itu kerasanya capek banget, terus menunggu2 bgt kapan kelarnya. Pas kelar, ada bagian cooling down kan tuh.. Lalu…

Gue terbangun tiga puluh menit kemudian, dengan posisi tertidur super lelap di yoga mat, dengan keadaan apartemen gelap gulita! Sijeeekkkk kebangun udah malam. KESEL! Yang ada kelar yoga gue masuk angin, karena ketiduran di lantai agak keringetan.. Segitu zen nya kah gue sampe tidur di lantai aja bisa nyenyak?!?! GRGMLRMGLRMG….

Yaudahlah, yang penting usaha dikit. Ngatur makan udah mayan berhasil, work out – yoga dikit2 dirumah, akan berusaha untuk gak ketiduran, akan berusaha lebih keras lagi untuk niat box-bike nya. Tapi yang agak penting nih, membiasakan bangun pagi secara konsisten. Mau kerja, mau liburan, pokoknya harus bangun pagi, at least paling siang jam 9, biar gak tidur nya gak malem2 amat. Ini yang udah mayan berhasil, mungkin karena body clock nya juga, setiap jam 7 kebangun, tapi kalo liburan gue bablas in aja sampe jam 9. Hore!

Here’s to 2015, to be a better version of myself. Sik asik!

One thought on “Zen (Malik)

Leave a Reply

